• +6282342283271
  • info@lomboktransportasi.com
    • Kuliner khas Lombok

      Makanan Khas Lombok

      7 Makanan Khas LOMBOK Penggugah Selera

      Jalan-jalan ke pulau Lombok kurang lengkap rasanya jika sobat belum mencicipi berbagai macam makanan khas lombok yang siap memanjakan lidah kalian ni guys. Pulau Lombok menjadi tujuan wisata kuliner HALAL nomer satu di dunia guys. Hebat bukaaan!! dan satu lagi ni sob, kuliner Lombok terkenal dengan ciri khas masakan pedasnya juga lhoo.

      Yup! bagi kalian pecinta masakan pedas, jangan sampai kelewatan ya untuk mencoba kuliner dengan bermacam level pedas yang siap menggoyang lidah kalian guys. Yuk mari kita telusuri dan simak kuliner khas Pulau Lombok di bawah ini sob.

      1. Nasi Puyung

      Nasi puyung menjadi salah satu masakan khas di pulau Lombok dengan rasa pedas level dewa pada lauknya. Tampilan dan komposisinya yang cukup sederhana guys. Satu porsi nasi puyung terdiri dari nasi putih, suiran daging ayam, taburan kacang kedelai goreng kering, kentang goreng kremes, dan sambal yang lumayan membuat keringat kalian keluar ni guys.

      Di sajikan dengan daun pisang menambah kuliner ini memiliki aroma alami yang berbeda dari nasi campur lainnya. Keunikan rasa nasi puyung terletak pada sambal dan suiran daging ayamnya yang begitu pedas sob. Tapi tenang, sobat bisa memilih berbagai varian level pedas sesuai dengan lidah kalian guys.

      1. Ayam Taliwang Lombok

      Ada beragam masakan yang siap memanjakan lidah kalian ni guys, khususnya ayam taliwang Lombok. Tak hanya nikmat dan menggugah selera, ayam taliwang ini juga akan membuat sobat ingin nambah lagi deh pastinya. Makanan khas satu ini merupakan salah satu kuliner yang berasal dari daerah Karang Taliwang, kota Mataram.

      Kuliner ayam ini memiliki rasa yang begitu lezat dan pedas juga guys. Diolah dengan bermacam rempah resep rahasia yang lumayan legend, menggunakan ayam kampung muda sehingga memberikan tekstur empuk dan dengan baluran sambalnya. Yup! ika sobat penasaran bagaimana sih tingkat kelezatannya? jawabannya kalian cukup datang ke pulau Lombok.

      1. Sate Bulayak

      Sate yang terbuat dari daging segar pilihan dan bulayaknya di balut dengan daun aren, memberikan ciri khas tersendiri bagi makanan ini. Memiliki tekstur seperti ketupat tapi bentuknya yang beda sob, menjadikan sate bulayak sebagai salah satu kudapan andalan bagi warga Lombok.

      Bumbu dari sate ini sangat berbeda dengan sate lainnya guys. Sate biasanya mengunakan bumbu kacang, tetapi sate bulayak menggunakan bumbu khusus yang dimasak dengan campuran rempah-rempah, santal kental dan kemiri. Sehingga sate bulayak memiliki cipta rasa gurih, legit, dan lezat deh pokoknya.

      1. Sate Ikan Tanjung

      Sate ini menjadi salah satu kuliner primadona yang banyak dicari oleh masyarakat lombok guys. Yup! kuliner ini bisa kalian temukan di sepanjang jalan desa Tanjung lombok utara. Bagi sobat yang gemar kudapan sate, berarti kalian harus mencoba kuliner ini sembari menikmati ke eksotisan pantainya.

      Sesuai dengan namanya, jika sate ini berbahan dasar dari ikan laut yang memiliki rasa pedas dan gurih guys. Tapi ada yang beda dari sate yang satu ini sob, jika sate biasanya disajikan dengan bumbu biasa, namun sate tanjung tidak menggunakan saus apapun dalam penyajiannya guys. Unik bukan. Memiliki tekstur lembut, gurih dan wangi khasnya mampu membuat kalian ketagihan sob.

      1. Pelecing Kangkung

      Pelecing adalah makanan khas Lombok yang terbuat dari kangkung khas Lombok guys. Kangkung Lombok ini memiliki tekstur yang agak besar, jadi rasa dan jenisnya juga beda dengan kangkung di tempat lain ya sob. Yup! cara pembuatan pelecing tidak begitu ribet guys. Dengan proses merebus kangkung hingga matang kemudian disuir memanjang.

      Setelah itu dicampur dengan sambal tomat yang pedas sesuai selera. Sangat simpel kan guys.Pelecing bisa kalian nikmati di sebagian besar rumah makan di Pulau Lombok.

      1. Beberuq Terong

      Jika kalian penikmat olahan terong, maka kalian tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini. Yup! beberuq terong atau mirip dengan lalapan khas dari lombok, biasa di dampingi dengan ayam taliwang dan kuliner lainnya. Sehingga lalapan ini menjadi sajian favorit bagi penikmat makanan pedas.

      Terong sering disepelekan sebagai sayur yang tidak mampu memberikan cita rasa lezat, namun di lombok sayuran ini bisa menjadi santapan primadona juga guys. sobat dapat menemukan sajian wajib ini di beberapa tempat atau rumah makan yang ada di lombok.

      1. Bebalung

      Sup ini terdiri dari daging-daging yang menempel pada tulang sapi. Terkenal dengan dagingnya yang super lembut, dan dijamin kalian bakalan ketagihan deh!! Jika kalian mengira bebalung adalah makanan seperti halnya gulai atau soto daging, sekilas memang mirip dengan makanan yang disebutkan tadi. Namun bebalung justru memiliki makna yang berbeda guys. Bebalung dalam bahasa sasak berarti tenaga. Nah sangat cocok untuk menambah stamina kalian guys.

      Bebalung terbuat dari tulang iga sapi di campur dengan berbagai rempah-rempah dan bumbu yang sangat misteri “Rahasia”. Penyajian bebalung biasanya menggunakan mangkuk dan di taburi bawang goreng plus nasi putih dan sambal. Ingat bebalung paling nikmat dihidangkan saat masih panas ya guys. Yup! selamat mencobaaa.

      Nah, sekarang sudah tau kan apa saja makanan khas Lombok yang bisa kalian coba saat berada di Lombok, atau bisa kalian jadikan referensi wisata kuliner jika ingin berkunjung ke Pulau Lombok. Namun untuk mencoba makanan-makanan tadi tentu kalian butuh transport juga kan ? Ga mungkin jalan kaki, karena jauh-jauhan itu tempatnya !! Tenang, kalian bisa menggunakan layanan sewa mobil Lombok dengan harga yang murah, beberapa model mobil yang tersedia juga beragam, mulai dari Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Kijang Innova, Kia Pregio, Toyota Hiace, Isusu Elf, hingga Bus Pariwisata.

    Leave a comment

    If you want to share your opinion, leave a comment.

    You may use these HTML tags and attributes:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>